RSS

Laporan Singkat Perjalanan KKL: Candi Borobudur (Magelang)

27 Des

1. Selayang Pandang Candi Borobudur

Candi Borobodur adalah monumen Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa. Dengan kata lain, Candi Borobudur menjadi warisan tertua sejarah Agama Budha.

Candi Borobudur dibangun selama 75 tahun di bawah pimpinan arsitek Gunadarma dengan 60.000 meter kubik batuan vulkanik dari Sungai Elo dan Progo yang terletak sekitar 2 km sebelah timur candi. Saat itu sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang . Pengukuran yang digunakan untuk membangun Candi Borobudur adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah atau mengukur panjang rambut dari dahi hingga dasar dagu.

2. Spesifikasi Bangunan Candi Borobudur
Candi Borobudur berbentuk persegi dengan memiliki luas 123×123 m atau 15129 meter persegi dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Bentuk candi ini beraksitektur Gupta yang mencerminkan pengaruh India. Candi Borobudur dapat diibaratkan seperti puzzle raksasa yang tersusun dari 2.000.000 balok atau setara 60.000 meter kubik batu vulkanik, dan dipahat sedemikian rupa sehingga saling mengunci satu dengan yang lain. Sebelum mencapai area Candi Borobudur, kita akan disuguhkan dengan pemandangan taman yang indah serta kebunnya yang telah teratur. Ada satu keunikan pula apabila anda mengunjungi Candi Borobudur, yakni pengunjung diharuskan mengenakan kain batik. Hal ini tentu saja berdampak positif bagi pengakuan Batik sebagai warisan budaya bangsa kita. Apabila anda mengunjungi bangunan ini, anda pasti akan merasakan mengapa Candi Borobudur menjadi ikon pariwisata Indonesia yang terkenal di seluruh belahan dunia.

Kemegahan Candi Borobudur Nampak pada Salah Satu Sisinya

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 Desember 2011 in Laporan KKL

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: