RSS

Laporan Singkat Perjalanan KKL: Museum Geologi (Bandung)

27 Des

1. Selayang Pandang Museum Geologi

Museum Geologi didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Sebagai salah satu monumen bersejarah, museum berada di bawah perlindungan pemerintah. Museum Geologi juga  merupakan  salah satu peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850. lokasi museum sangat mudah untuk dicapai dengan kendaraan apapun, karena lokasinya berada di sentra perekonomian kota Bandung, dimana lokasinya juga berdekatan dengan Gedung Sate, Bandung.

2. Spesifikasi Bangunan Museum Geologi

Luas bangunan Museum Geologi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu  6000m persegi dengan 2000m persegi sebagai ruang peragaan, sehingga luas total keseluruhan bangunan Museum Geologi yakni 8000m persegi. Bangunan dengan ruang peragaan ini terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama terdiri dari Ruang sayap Barat dan Sayap Timur. Sayap Barat berisikan koleksi tentang Sejarah Geologi Indonesia, seperti fosil-fosil makluk prasejarah, maupun fosil-fosil binatang purba. dan Sayap Timur terdiri dari pengetahuan Sejarah Kehidupan, seperti tata surya, kebumian, serta persebaran penduduk.

3. Data Statistik Pengunjung Museum Geologi

Berdasarkan data dan informasi dari Badan Perencanaan Pembangunan nasional (Bapennas) menunjukkan bahwa terjadinya kestabilan kunjungan ke Museum Geologi Bandung. hal ini dikarenakan fungsi dari Museum Geologi ini yang banyak memberikan informasi dan wawasan kepada pengunjung. Data menunjukkan pada tahun 2006 tercatat pengunjung berjumlah  147.898 orang. Sementara itu hal sama juga terjadi pada tahun 2007 dan 2008 yakni sebanyak 147,898 orang. Apabila dikalkulasi maka: 2007 + 2008 + 2009 = 147.898 + 147.898 + 147.898 = 443.649 orang dengan angka peningkatan kunjungan dari tahun 2006-2009 sebesar 0%. Hal ini menjadi tantangan bagi pengelola Museum Geologi agar dapat menaikkan persentase kunjungan wisatawan ke Museum Geologi Bandung.

Denah Ruang Peragaan Museum Geologi

Museum Geologi Tampak Depan

 Peta Topografi. Salah satu benda yang tersimpan di museum Geologi yang menerapkan pembelajaran matematika, yakni skala.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 Desember 2011 in Laporan KKL

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: