RSS

Profil Desa Lumbung

02 Apr

Berbicara mengenai indahnya sawah berundak-undak di Bali, atau sejuknya angin semilir di pagi hari, atau mungkin eksotikanya hamparan hijau jamrud di sepanjang jalan yang anda lewati, anda pasti akan mengaitkannya dengan Ubud atau Tegallalang di Kabupaten Gianyar. Tapi taukah anda, ada sebuah desa di kabupaten Tabanan, Bali, memiliki pesona eksotika yang tidak kalah menawan dengan daerah-daerah agrowisata lainnya, yang ada di pulau Bali.

Ya, Desa Lumbung. Desa Lumbung merupakan salah satu desa yang berada di kawasan agraris, tepatnya di Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Bali. Secara administratif, Desa Lumbung dibagi Menjadi 7 wilayah dusun, meliputi Dusun Dajan Sema, Dusun Delod Sema, Dusun Anom, Dusun Cepaka, Dusun Sembung, Dusun Pengereregan Kaja, serta Dusun Pengereregan Kelod. Mayoritas penduduk di Desa Lumbung bermata pencaharian sebagai petani. Desa Lumbung juga terkenal dengan struktur perekonomian yang sebagian besar mengandalkan hasil perkebunan yang dibuktikan dengan penggunaan lahan perkebunan secara optimal oleh masyarakat, seperti ceroring, rambutan, kakao, serta kelapa.

Lumbung memiliki makna yaitu tempat penyimpanan padi yang telah masak, maka tidak mengherankan jika kawasan desa ini didominasi oleh pemandangan alam berupa sawah berundak-undak (terasering) yang keindahannya tiada tara. Dengan pesona yang dipancarkan Desa Lumbung, ditambah karakterisitik alamnya yang sangat mendukung, menjadikan Desa Lumbung patut untuk anda rekomendasikan dalam berwisata alam agraria.

Desa Lumbung berada pada lokasi perbukitan dengan panorama hijau yang menghampar luas di sepanjang jalan. Sebelum mencapai lokasi ini, kita akan melalui jalan yang berliku-liku dan cukup memacu adrenalin anda, kurang lebih belasan kilometer arah utara dari simpang tiga Desa Antosari, jalur utama Denpasar-Gilimanuk. Ketika memasuki jalur menuju Desa Lumbung, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata. Dari kejauhan akan nampak keteduhan dari laut Samudera Hindia, yang pastinya membuat anda semakin betah untuk melepas waktu liburan anda di Desa Lumbung. Ditambah lagi dengan panorama jingga langit ufuk barat di sore hari, memberikan kesan begitu eksotisnya alam di Desa Lumbung

Salah satu kelebihan dari Desa Lumbung adalah adanya track moto cross yang merupakan hasil swadaya pemuda di desa setempat. Untuk anda yang mempunyai hobby memacu adrenalin, sangat tepat untuk mengunjungi Desa Lumbung untuk menghabiskan waktu libur anda dengan keluarga, rekan atau pasangan.

Untuk mengobati penasaran anda, cukup dengan menumpuh waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Denpasar, anda akan merasakan sensasi menawan alam Desa Lumbung dengan hamparan sawahnya yang berundak-undak, menambah referensi wisata alam agraria anda di Pulau Bali.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 April 2012 in KKN Lumbung

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: